SKEMA RANGKAIAN AMPLIFIER

MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL.RAYA KARANG KEMIRI RT 01/RW 06 PURWOKERTO TELP. 082329735432

Saturday, June 4, 2011

Teknologi Digital Light Processing (DLP)

Teknologi Digital Light Processing (DLP)

Istilah DLP pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Umumnya istilah ini kita temui pada produk proyektor. Bahkan saat ini TV proyektor berteknologi DLP pun telah diperkenalkan. Namun apa itu DLP? Dan mengapa banyak merek terkemuka menggunakan teknologi ini pada produk proyektor mereka?

Rabu, 25-Aug-2004
DLP atau Digital Light Processing adalah sebuah teknologi proyeksi gambar yang dikembangkan oleh Texas Instrument. Semua bermula dari semakin banyaknya perangkat digital di sekeliling kita. Mulai dari kamera digital, camcorder digital, sistem satelit digital, DVD player, dan banyak lagi. Banyak keunggulan yang diberikan teknologi digital ini, namun kebanyakan penampil gambarnya justru masih berbasis teknologi analog, yakni Cathode Ray Tube (CRT).  CRT sendiri adalah sebuah teknologi lama, bahkan beberapa waktu lalu teknologi CRT baru saja merayakan hari jadinya yang ke-100. Tanpa mengesampingkan kualitas tampilan gambar yang bisa diberikan CRT, kemudian muncul pertanyaan, mengapa kita harus bersusah-susah menyajikan video digital dan data grafik hanya untuk dikonversi ke analog supaya bisa dilihat atau ditampilkan?

Alasan itulah yang kemudian menjadi latar belakang kelahiran DLP, sebuah teknologi baru penampil gambar yang sepenuhnya digital. Pada tahun 1991, Texas Instrument membentuk Digital Imaging Venture Project (DIVP) untuk secara radikal membawa teknologi DLP ke pasaran. Selama 5 tahun berikutnya, Texas Instrument berhasil membawa DLP dari sekadar proyek riset menjadi sebuah produk komersial. Di tahun 1996, berbagai perusahaan terkemuka kemudian menerapkan DLP bagi produk mereka, sekaligus mengukuhkan DLP sebagai satu-satunya sistem proyeksi digital di dunia.

sumber majalah audiovideo

No comments:

Free counters!