SKEMA RANGKAIAN AMPLIFIER

MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL.RAYA KARANG KEMIRI RT 01/RW 06 PURWOKERTO TELP. 082329735432

Thursday, June 2, 2011

Elektronika Komputer


Alat Bantu Prosesor
Mencari kesalahan dalam suatu pengolahan mikro adalah suatu pekerjaan yang berat dan menghabiskan waktu. Alat bantu ini akan sangat banyak membantu, jika dapat menunjukkan suatu informasi pada bus data dan bus alamat (addres) dari pengolah. Data inilah yang diuraikan pada rangkaian ini yakni mengubah data dan addres ke dalam kode hexadesimal keenam buah peraga (display). Keenam peraga dikontrol oleh suatu IC yang menghubungkan semua fungsi-fungsi yang perlu yaitu 9368. IC ini menerima suatu kode biner empat bit, dan mengubahnya ke dalam nomor hexadecimal yang sesuai dan terlihat pada tampakan LED tujuh segmen (seven segment). Dilengkapi juga suatu pengunci memori dan peraga LED dikontrol langsung oleh IC. Dalam gambar 1 itu diperlihatkan bahwa sebagian dari keenam IC dan keenam peraga, tidak ada yang diperlukan lagi. Keperluan dayanya adalah 5 V pada 750 mA.

Koneksi kabel VGA Monitor

Koneksi kabel VGA dalam sebuah perangkat komputer sangat penting peranannya, bagian ini berfungsi untuk menampilkan output / hasil dari pengolahan data PC untuk selanjutnya bisa kita lihat di depan CRT monitor.
Koneksi yang saat ini umum digunakan adalah konektor VGA 15 pin, seringkali kita mendapatikerusakan pada monitor gelap atau tidak timbul gambar atau mungkin juga warna kemerah merahan. Kerusakan kerusakan tersebut selain bisa disebabkan oleh Monitor atau PC juga bisa disebabkan oleh koneksi kabel itu sendiri. Tentu saja kita harus mengukur untuk bisa menganalisa kerusakan pastinyaicon smile Koneksi kabel VGA Monitor,
Berikut ini merupakan gambar konfigurasi / urutan kaki untuk konektor tersebut, lengkap dengan fungsi masing masing koneksi :

Selengkapnya =>>

Rangkaian Transistor Tester Sederhana

Rangkaian yang ditunjukkan dibawah ini merupakan rangkaian transistor testersederhana. Pada beberapa avometer digital maupun analog sekarang ini kebanyakan sudah terdapat fitur ini, namun tidak ada salahnya kita bisa sedikit berkreasi.
Pada dasarnya rangkaian transistor tester ini merupakan sebuah penguat sederhana yang dilengkapi dengan feedback / umpan balik yang bisa menyebabkan lampu LED yang ditunjukkan pada gambar berkedip. Seberapa sering LED ini berkedip tergantung pada nilai osilatornya, dalam hal ini merupakan gabungan antara resistor330Kohm dan kondensator / elco 10uF.

Sakelar Indikator
Kadang-kadang diperlukan pembangkitan denyut secepat sakelar mekanik dioperasikan. Rangkaian yang ditawarkan ini bisa melakukannya dan hanya membutuhkan sejumlah kecil komponen. Lebih jauh lagi dapat diperluas untuk kontak-kontak yang  lebih banyak. Diagram rangkaian memperlihatkan tata letak untuk sakelar enam saluran. Hal penting rangkaian ini adalah bahwa dia bekerja dengan sakelar-sakelar sambung sebelum putus dan putus sebelum disambung.

No comments:

Free counters!